Sabtu, 19 Maret 2016

Melayani atau Dilayani


Umurku memang masih kecil. Belum mengerti apa - apa, orang tua bilang. Aku tak peduli. Yang jelas dengan umurku yang segelintir ini, aku memperhatikan banyak hal. Termasuk cara kepemimpinan seseorang.
Aku belum pernah memimpin. Tapi aku mengerti bagaimana menjadi pemimpin yang baik. Bukan hanya pemimpin diperusahaan, tapi pemimpin apapun. Temasuk pemimpin kelas sekalipun.

Menuliskan bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik itu adalah hal yang mudah. Bagian tersulitnya adalah bagaimana mempraktekkannya. Yang terkadang tulisan tak seindah kenyataan.

Menjadi seorang pemimpin merupakan amanah yang harus dilakukan dengan baik, bertanggung jawab dan jujur. Menjadi pemimpin yang baik bukanlah mudah. Pemimpin yang baik bukanlah pemimpin yang keras, yang suka marah dan yang ditakuti. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu memimpin pengikutnya mencapai suatu tujuan tertentu.

Pemimpin yang baik biasanya melayani. Memperhatikan setiap apa yang dipimpinnya. Bertangung jawab atas keputusan yang ia ambil. Bukan pemimpin yang merasa bangga dilayani. Merasa bangga membentak-bentak. Bangga semua bawahannya tunduk. Yakinlah pemimpin seperti ini tak akan mencapai tujuan tertentu.


-----------------------------------------

#OneDayOnePost
#Mingguke3
#Harike3




0 komentar:

Posting Komentar